Terbit : Mon, 22 Oct 2012

Memperbaiki File Image Berformat *.iso yang Corrupt/ Rusak

repair-cd-iso-files-brokenAssalamualaikum, =) ok langsung aja ya.. Karena saya gak suka basa basi. Sedikit cerita dari pengalaman saya terdahulu, sewaktu mendownload Linux Slackware 13.1 dengan file berformat *.iso sebesar 4.4GB. Tau gak apa yang terjadi setelah saya download? File image tersebut gak bisa di install/ corrupt di tengah-tengan instalasi. Dan setelah saya selidiki kemudian cek md5 nya eh ternyata beda. Kesimpulan akhir adalah “FILE CORRUPT/RUSAK”. Sungguh sangat menjengkelkan! Akhirnya saya putuskan untuk mendownload ulang untuk yang ke dua kalinya. Namun pada tulisan kali ini, saya tidak merekomendasikan temen2 untuk download ulang, tapi memperbaikinya. hehehe.. ok let’s start it!

1. Siapkan aplikasi torrent client, contoh : bittorent, transmission, atau yang lainnya masih banyak. silahkan googling. :)

2. Siapkan file berformat *.iso yang ingin diperbaiki

3. Cari link download file torrent yang memiliki karakteristik sama dengan file *.iso yang ingin kita perbaiki. Pada contoh kasus kali ini saya akan memperbaiki file *.iso linux yang bisa kita dapatkan di alamat linuxtracker.org

4. Mulailah dengan mendownload file dari torrent tersebut menggunakan aplikasi torrent client yang telah saya jabarkan di langkah 1, tunggu hingga 1 menit, setelah itu hentikan (stop) proses download.

5. Copy file *.iso yang rusak ke folder tempat diletakkannya hasil download dari torrent yang masih belum tuntas tadi, pada kasus ini nama filenya berupa slackware-13.1-install-dvd.iso.part, lalu ganti nama file *.iso yang rusak menjadi sama seperti slackware-13.1-install-dvd.iso.part (di replace).

6. Lanjutkan proses download menggunakan torrent tadi, proses download akan menghabiskan waktu yang sangat sebentar, karena torrent akan memeriksa tiap file yang kurang/ corrupt dalam file *.iso tersebut. Sehingga akan didapatkan hasil download yang sempurna tanpa ada kerusakan/ corrupt.

7. Setelah proses download/ memperbaiki selesai, sekarang tinggal coba mencocokkan file tersebut dengan md5 nya. Atau coba langsung install. Saya jamin deh gak bakal gagal/ corrupt lagi.. 100% work!! =))

Ok segitu saja tulisan singkat dari saya, semoga bermanfaat buat temen2. Cmiiw// :D


Sumber : malang.linux.or.id

Tinggalkan komentar

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



Berlangganan Artikel
Yamara.net Feed


DMCA.com